Minggu, 02 September 2018

Kabinet Penyelenggara KAA

Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tanggal 18–24 April 1955 dilaksanakan pada masa Kabinet… . 
A. Hatta 
B. Djuanda 
C. Ali 
D. Natsir 
Pembahasan: 
Konferensi Asia Afrika pun dilaksanakan di Bandung tanggal 18–24 April 1955. Delegasi Indonesia terdiri atas 17 orang, 16 orang penasihat dan sekretariat 7 orang. Ketua konferensi adalah Mr. Ali Sastroamidjojo, ketua panitia kebudayaan adalah Mr. Muh. Yamin, dan ketua panitia bagian perekonomian adalah Prof. Ir. Roosseno. Sekretaris jenderal konferensi dipegang oleh Ruslan Abdul Gani. 

Konferensi Asia Afrika dihadiri oleh 29 negara, satu negara undangan tidak hadir yakni Rhodesia. KAA dihasilkan kesepatakan bersama yang disebut DASASILA Bandung. 

*********
Jadi: Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tanggal 18–24 April 1955 dilaksanakan pada masa Kabinet… . C. Ali

 
Ket:
Setelah Wilopo mengundurkan diri, Presiden mengumumkan pembentukan Kabinet Ali Sastroamidjojo yang kemudian disahkan dengan Keputusan Presiden RI No. 132 Tahun 1953 tertanggal 30 Juli 1953. Pelantikan Ali Sastroamidjojo sebagai Perdana Menteri dilangsungkan di Istana Negara pada tanggal 12 Agustus 1953

Kabinet Ali Sastroamidjojo 1 dibentuk tanggal 31 Juli 1953 diketuai oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo dari PNI (Partai Nasionalis Indonesia) dan diwakili oleh Wongsonegoro dari PIR (Partai Indonesia Raya). Sering disebut kabinet Ali-Wongso.

kebijakan dari Kabinet Ali:
  • Meningkatkan keamanan dan kemakmuran serta segera menyelenggarakan Pemilu.
  • Pembebasan Irian Barat secepatnya.
  • Pelaksanaan politik bebas-aktif dan peninjauan kembali persetujuan KMB.
  • Penyelesaian Pertikaian politik
Kabinet Ali Sastroamijoyo I jatuh akibat adanya pertikaian antara sipil dengan militer yakni mengenai pengangkatan menteri pertahanan. Selain itu pergolakan di daerah juga menjadi penyebab mundurnya Kabinet Ali Sastroamijoyo. 
Previous Post
Next Post

0 Comments: