Minggu, 09 September 2018

Perlawanan Rakyat Aceh Terhadap Jepang

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, rakyat Indonesia mulai mengadakan perlawanan di beberapa wilayah Indonesia. Penderitaan rakyat Indonesia pada maa pendudukan Jepang yang mengakibatkan perlawanan rakyat Aceh dipimpin oleh… . 
A. K.H Abdul Jalil 
B. K.H Mashudi 
C. K.H Abdullah Faqih 
D. K.H Zainal Mustofa 
E. K.H Zainal Abidin 

Pembahasan:

Pada zaman pendudukan Jepang terdapat berbagai pertempuran. Satunya adalah perlawanan di daerah Aceh. Perlawanan rakyat Aceh terjadi karena penderitaan yang dialami akibat kesewenangan Jepang. Rakyat Aceh banyak dikerahkan untuk romusha. Mereka diharuskan membangun parit, lapangan terbang, jalan, dan lain-lain. Perlawanan Aceh ini dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil. Penyerangan terpenting adalah penyerangan di Cot Plieng yang terjadi pada tanggal 10 November 1942. Dalam serangan pertama dan kedua, rakyat Aceh berhasil memukul mundur Jepang ke Lhoksumawe. Pada serangan ketiga, Jepang berhasil merebut Cot Plieng. Kebencian rakyat semakin bertambah ketika Tengku Abdul Jalil gugur di tempat saat sedang sembahyang. 

*********
Kunci Jawaban: Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, rakyat Indonesia mulai mengadakan perlawanan di beberapa wilayah Indonesia. Penderitaan rakyat Indonesia pada maa pendudukan Jepang yang mengakibatkan perlawanan rakyat Aceh dipimpin oleh… . A. K.H Abdul Jalil
Previous Post
Next Post

0 Comments: