Minggu, 09 September 2018

Tanggal Serangan Jepang ke Pear Harbour

Sebelum Jepang masuk dan menguasai kawasan Asia Pasifik, Jepang mengadakan serangan ke pusat militer Sekutu di kawasan Pasifik yang dikenal dengan nama perang Pasifik. Perang Pasifik terjadi pada tanggal… . 
A. 7 Desember 1941 
B. 9 Desember 1941 
C. 12 Desember 1941 
D. 15 Desember 1941 
E. 17 Desember 1941 

Pembahasan:

Perang Pasifik ditandai oleh Jepang dengan mengadakan serangan ke pangkalan militer Amerika Serikat di Hawai pada hari minggu 7 Desember 1941. Pemimpin serangan Jepang ke Pearl Harbour adalah Isoroku Yamamoto. Serangan ke Pearl Harbour dilakukan dipagi buta dengan serangan yang mendadak membuat pasukan Amerika Serikat kewalahan. 


Serangan ini mengawali Perang Pasifik. 

Setelah berhasil menyerang Pearl Harbour, Jepang kemudian menduduki berbagai negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Indonesia tidak luput dari serangan Jepang. Pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah colonial Belanda menyerah kepada Jepang dengan ditandatangani Perjanjian Kalijati. 

*********
Kunci Jawaban: Sebelum Jepang masuk dan menguasai kawasan Asia Pasifik, Jepang mengadakan serangan ke pusat militer Sekutu di kawasan Pasifik yang dikenal dengan nama perang Pasifik. Perang Pasifik terjadi pada tanggal… . A. 7 Desember 1941
Previous Post
Next Post

0 Comments: