Rabu, 19 September 2018

Agenda Utama Munap

Dalam rangka mengatasi gerakan PRRI-Permesta, pemerintah pusat menggelar Musyarah Nasional pada 10-14 September 1957, yang kemudian merekomendasikan diadakannya Musyawarah Nasional Pembangunan (Munap). Agenda utama musyawarah ini adalah… . 
A. mendengar aspirasi PRRI-Permesta dan gerakan gerakan separatis lainnya 
B. membahas dan merumuskan strategi pembangunan sesuai dengan aspirasi daerah 
C. merumuskan langkah langkah untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit di daerah tertinggal 
D. merupakan ajang di mana para anggota PRRI-Permesta menyatakan janji setia kepada NKRI 
E. merumuskan langkah strategis mengatasi ketimpangan pembangunan antara pusat dan daerah 

Pembahasan:


Kabinet Djuanda pada 10-14 September 1957 melangsungkan Musyawarah Nasional (Munas) yang dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional dan daerah, diantaranya adalah mantan Presiden Mohammad Hatta. Musyawarah ini membahas permasalahan-permasalahan pemerintahan, persoalan daerah, ekonomi, keuangan, angkatan perang, kepartaian serta masalah Dwitunggal Soekarno Hatta. 
Djuanda

Untuk menindaklanjuti hasil Munas, dan dalam upaya untuk mempergiat pembangunan dilaksanakan Musyawarah Nasional Pembangunan. Musyawarah ini bertujuan khusus untuk membahas dan merumuskan usaha-usaha Pembangunan sesuai dengan keinginan daerah. Oleh karena itu, kegiatan Ini dihadiri juga oleh tokoh-tokoh pusat dan daerah serta semua pemimpin militer dari seluruh teritorium, kecuali Letkol. Achmad Husein dari Komando Militer Sumatera Tengah. 

*********
Kunci Jawaban: Dalam rangka mengatasi gerakan PRRI-Permesta, pemerintah pusat menggelar Musyarah Nasional pada 10-14 September 1957, yang kemudian merekomendasikan diadakannya Musyawarah Nasional Pembangunan (Munap). Agenda utama musyawarah ini adalah… . B. membahas dan merumuskan strategi pembangunan sesuai dengan aspirasi daerah
Previous Post
Next Post

0 Comments: