Minggu, 23 September 2018

Dampak Peristiwa Tanjung Morawa

Partai yang berhaluan komunis di Indonesia diduga menjadi dalang terjadinya peristiwa tewasnya banyak petani di Sumatra Timur. Peristiwa tersebut menjadi salah satu sebab jatuhnya kabinet yang dipimpin oleh… . 
A. Natsir 
B. Hatta 
C. Sukiman 
D. Wilopo 
E. Djuanda 

Pembahasan:

Peristiwa yang dimaksud dalam soal di atas adalah Peristiwa Tanjung Morawa.
 
Peristiwa Tanjung Morawa terjadi pada tanggal 17 Oktober 1953. Peristiwa tersebut adalah bentrok perebutan tanah antara pemerintah dengan para penggarap lahan. Lahan yang jadi sengketa merupakan tanah perkebunan yang dimiliki oleh perusahaan Belanda, Deli Palnters Vereninging. Berdasarkan salah satu hasil KMB, Indonesia harus menyerahkan tanah tersebut kepada Belanda. 

Dalam peristiwa Tanjung Morawa melibatkan Barisan Tani Indonesia (BTI) yang merupakan salah satu organisasi masa dibahwa PKI. Para buruh tani melakukan aksi yang mengakibatkan jatuhnya korban. 

Dampak dari peristiwa Tanjung Morawa adalah adanya mosi tidak percaya dari Sidik Kertapati yang merupakan tokoh Sarekat Tani Indonesia kepada Kabinet Wilopo. Pada tanggal 2 Juni 1953, Pedana Menteri Wilopo mengembalikan mandatnya kepada Presiden Soekarno. 

*********
Kunci Jawaban: Partai yang berhaluan komunis di Indonesia diduga menjadi dalang terjadinya peristiwa tewasnya banyak petani di Sumatra Timur. Peristiwa tersebut menjadi salah satu sebab jatuhnya kabinet yang dipimpin oleh… . D. Wilopo

Wilopo

Previous Post
Next Post

0 Comments: