Kamis, 18 Oktober 2018

Teori Masuknya Agama Hindu-Budha di Indonesia

Teori yang menempatkan bangsa India sebagai pemegang peranan aktif dalam proses masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha di Indonesia, yaitu teori... . 
A. Brahmana 
B. Kolonisasi 
C. Waisya 
D. Arus balik 
E. Ksatria 

Pembahasan:

Terdapat berbagai teori tentang masuknya agama Hindu-Budha ke Indonesia antara lain: 
  • Hipotesis Brahmana : suatu pandangan yang menyatakan bahwa yang menyebarkan agama Hindu-Buddha di Indonesia ialah golongan pendeta atau Brahmana. 
  • Hipotesis Ksatria : suatu pandangan yang menyatakan bahwa yang menyebarkan agama Hindu-Buddha di Indonesia ialah golongan bangsawan atau para raja. 
  • Hipotesis Waisya : suatu pandangan yang menyatakan bahwa yang menyebarkan agama Hindu-Buddha di Indonesia ialah golongan pedagang. 
  • Teori arus balik : suatu teori yang menjelaskan bahwa bangsa Indonesia ketika menerima pengaruh Hindu-Buddha tidak bersikap pasif, tetapi bersikap aktif yaitu banyak bangsa Indonesia yang pergi ke India untuk belajar agama Hindu-Buddha, kemudian mereka kembali ke Indonesia dan menyebarkan ilmu yang mereka peroleh dari India. 
  • Teori kolonisasi : suatu teori yang menjelaskan tentang masuknya pengaruh India di Indonesia yang menyatakan bahwa bangsa India sangat aktif dalam menyebarkan agama Hindu-Buddha, sedangkan bangsa Indonesia bersikap pasif hanya sebagai penerima saja. 
*********
Kunci Jawaban: Teori yang menempatkan bangsa India sebagai pemegang peranan aktif dalam proses masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha di Indonesia, yaitu teori... . B. Kolonisasi

Previous Post
Next Post

0 Comments: