Kamis, 18 Oktober 2018

Latarbelakang Pembentukan Pakta Warsawa

Pakta Warsawa dibentuk untuk mempersatukan kekuatan negara-negara Blok Timur dalam rangka menghadapi kekuatan Barat. Adapun peristiwa yang menjadi faktor pemicu lahirnya Pakta Warsawa adalah… . 
A. bergabungnya Jerman Barat ke NATO 
B. rencana unifikasi Jerman oleh kekuatan Barat 
C. ditolaknya Uni Soviet untuk bergabung NATO 
D. ancaman remiliterisasi Jerman 
E. adanya gerakan antikomunisme di Blok Timur 

Pembahasan:


Pakta Warsawa adalah aliansi militer yang dibentuk pada Perang Dingin oleh Blok Timur di Eropa Timur. Latarbelakang dibentuknya Pakta Warsawa adalah bergabungnya Jerman Barat ke dalam NATO (1949) pada tahun 1954. Pakta Warsawa merupakan upaya dari Uni Soviet untuk mempertahankan kendali kekuatan militer di Eropa Tengah dan Eropa Timur. 

Tujuan dari Pakta Warsawa adalah mengorganisasikan diri terdahap potensi ancaman dari aliansi militer Blok Barat. 

Pakta Warsawa dibentuk oleh Nikita Khrushchev dengan ditandatanganinya kesepakan di Warsawa ibukota dari Polandia pada tanggal 14 Mei 1955. Adapun anggota dari Pakta Warsawa antara lain: Uni Soviet, Bulgaria, Rumania, Jerman Timur, Hungaria, Polandia dan Cekoslovakia. 

*********
Kunci Jawaban: Pakta Warsawa dibentuk untuk mempersatukan kekuatan negara-negara Blok Timur dalam rangka menghadapi kekuatan Barat. Adapun peristiwa yang menjadi faktor pemicu lahirnya Pakta Warsawa adalah… . A. bergabungnya Jerman Barat ke NATO

Previous Post
Next Post

0 Comments: